Jangan Meragukan Diri Sendiri # Don't doubt yourself

IMG_20180901_185324.jpg
source

Hai Steemians

Seberapa seringkah kita meragukan kemampuan diri kita sendiri ? atau seberapa sering kita mengatakan kepada diri sendiri bahwa kita tidak yakin dapat melakukan suatu pekerjaan atau menyelesaikan suatu masalah yang datang ? Ya, sebagian besar dari kita tentu pernah meragukan diri sendiri. Bahkan dalam berbagai titik di dalam kehidupan ini ada kalanya kita mempertanyakan tentang diri kita sendiri. Banyak hal yang mungkin pernah menjadi pertanyaan terhadap diri kita sendiri. Seperti, apakah aku mampu ? apakah aku sudah melakukan hal yang terbaik ? dapatkah aku sukses ? bagaimana dengan masa depanku ? dan yang lainnya. Hal-hal seperti itulah yang dapat kita sebut ragu pada diri sendiri. Dan umumnya hal itu datang disaat kita tidak memiliki rasa percaya diri atau merasa tidak memiliki kemampuan untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

How often do we doubt our own abilities? or how often do we tell ourselves that we are not sure we can do a job or solve a problem that comes? Yes, most of us certainly have doubted ourselves. Even at various points in this life there are times when we question ourselves. Many things might have been questions about ourselves. Like, am I capable? have I done the best thing? can i succeed? what about my future? and others. Things like that that we can call doubt ourselves. And generally it comes when we don't have confidence or feel we don't have the ability to do what we should.

IMG_20180901_185241.jpg
source

Disaat kita merasa ragu atas kemampuan sendiri, kita akan memiliki kecenderungan mudah panik. Cemas dan khawatir atas kehidupan kita. Bahkan terkadang kita merasa hilang kendali atas kehidupan ini. Rasa ragu dan tidak percaya diri yang berkelanjutan akan membawa dampak yang sangat buruk dalam kehidupan, karena rasa ragu itu membuat kita takut dan jauh dari motivasi. Hal ini akan membuat kita cenderung menunda segala pekerjaan, bahkan tidak melakukan apapun. Pengalaman dan kesalahan masa lalu merupakan salah satu penyebab mengapa kita ragu terhadap diri sendiri. Misalnya pengalaman pernah gagal, pernah terpuruk, hubungan yang buruk dan berbagai pengalaman buruk lainnya. Selain itu perkembangan masa kecil juga berperan dan mempengaruhi kebiasaan dan kepribadian kita, termasuk dalam hal rasa ragu. Misalnya kita dibesarkan dalam keluarga yg membuat kita minder, maka kita pun akan tumbuh seperti itu. Terlalu membandingkan diri dengan orang lain juga akan dapat membuat kita merasa ragu akan diri sendiri, selalu melihat kesuksesan orang, tetapi tidak pernah memiliki niat untuk mengapresiasi diri sendiri.

When we feel doubt over our own abilities, we will have a tendency to panic easily. Anxious and worried about our lives. Even sometimes we feel lost control of this life. Continuing doubt and insecurity will have a very bad impact on life, because that doubt makes us afraid and far from motivation. This will make us tend to delay all work, not even do anything. Past experiences and mistakes are one of the reasons why we doubt ourselves. For example, the experience of having failed, had fallen, bad relationships and various other bad experiences. Besides that childhood development also plays a role and influences our habits and personality, including in terms of doubt. For example, we are raised in a family that makes us feel inferior, then we will grow like that. Too comparing yourself with others will also make us feel doubtful about ourselves, always seeing people's success, but never having the intention to appreciate ourselves.

IMG_20180901_185155.jpg
source

Nah steemian, bila kita termasuk seorang yang merasa ragu terhadap diri sendiri, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk berhenti meragukan diri sendiri. Diantaranya adalah kita harus menyadari bahwa kita adalah manusia dewasa yang memiliki kemampuan mengatur diri sendiri, katakanlah pada diri kita untuk berhenti ragu dan hidup pada masa kini. Karena hal ini akan membebaskan kita dari rasa ragu yg selama ini membuat kita takut pada masa depan. Selain itu, kita juga dapat menenangkan diri dan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bisa membangkitkan rasa optimis. Karena ada saatnya kita terlalu dikuasai oleh emosi atau situasi yang mengakibatkan kita meragukan diri sendiri. Dan hal yang terakhir adalah jangan pernah ragu untuk meminta pertolongan pada orang lain yang dapat memberikan dukungan pada kita. Ceritakan situasi kita pada mereka yang dapat dipercaya, pasti mereka akan membantu kita.

Well, steemian, if we are one who feels doubtful about ourselves, there are some things we can do to stop doubting ourselves. Among them is that we must realize that we are adult humans who have the ability to self-regulate, say to ourselves to stop doubting and living in the present. Because this will free us from the doubts that have caused us to fear the future. In addition, we can also calm down and fill it with various activities that can arouse optimism. Because there are times when we are too dominated by emotions or situations that cause us to doubt ourselves. And the last thing is never to hesitate to ask someone else for help who can give us support. Tell our situation to those who can be trusted, surely they will help us.

Demikian tulisan hari ini yang dapat saya bagikan, terima kasih telah membaca dan salam bahagia dari dataran tinggi.

Thus, today's writing that I can share, thank you for reading and happy greetings from the highlands.

DQmT8TEDyGSqCcP5ybmoGrU1kMP35FaacEG44vHFse32AiH_1680x8400.jpg
IMG_20180410_210248.jpg

@edibersah

H2
H3
H4
3 columns
2 columns
1 column
2 Comments